Selasa, 17 Mei 2011

Senin, 16 Mei 2011

Daftar nama siswa SMA N I Sei kanan yang lulus Ujian Nasional

Kelas XII IPS I
1 ADE PUTRIYANI LAROSA
2 AHMAD FAUZI SIREGAR
3 AHMAD IDRIS NASUTION
4 ARIFIN SIREGAR
5 ARNITA NAINGGOLAN
6 ASEP TARUNA
7 ASRIN HUSAINI HARAHAP
8 BUNGA RHIM IMANIYAH. S
9 DEVIANA SARI SIREGAR
10 DEWI SARTIKA
11 EMELIANA
12 ENI APRILIANI
13 ERNIDA PAKPAHAN
14 ETIKARANI NASUTION
15 EVITA SARI NASUTION
16 HARI YATI HARAHAP
17 HERMAN PUTRA
18 HERNIKE NOVALINA PASARIBU
19 IRWANSYAH
20 JUWITA HARAHAP
21 KHOIRUL JAHMAN
22 KORNELIUS NAINGGOLAN
23 LESTI FITRI IDA PURBA
24 MARTIN KRISTIAN PASARIBU
25 MAYA RODIAH HARAHAP
26 MELIANA HARAHAP
27 NIRWANA NASUTION
28 NOVA ASTINA
29 NOVI SULASTRI TAMPUBOLON
30 NOVIANA
31 NURMAYA
32 PURWANTI
33 RUSDI HASIAN RAMBE
34 SADDAM HUSEIN SIRAGAR
35 SAMPULAN EFENDI HASIBUAN
36 SITI RAHMA SIREGAR
37 KHOLILATUN NISA


Kelas XII IPA
1 ALBERTH SANDY PURBA
2 ARFITA WAHYUNI HRP
3 AYU SITI PATIMA
4 ENDANG ROSINA SIRAGAR
5 FITRI YANI HASIBUAN
6 FORY ADJUL VERDI DAELI
7 HASMAYARINA DASOPANG
8 HESTI FAUZIAH SIREGAR
9 INTAN SERI VERA HARAHAP
10 ISMA IDA
11 JUMANTONI
12 JUWITA SARI HASIBUAN
13 MARIANA
14 MAULINA SITUMORANG
15 MELYA SARI HASIBUAN
16 NAZMAH SARI RAMBE
17 NOVIANI
18 NUR UMMU WASILA
19 NURAIMA SYAPITRI
20 NURAISAH
21 NURHAIDA SIREGAR
22 NURUL KARTIKA
23 O.K. KHOIRUNNISA
24 PUADATUL ZAHRO HARAHAP
25 RAMAYUNITA
26 RANI SARDILA LUBIS
27 RESTA ULI SILALAHI
28 RINI NOFERTI
29 ROLLYNER ELFRIDA PURBA
30 ROSIANA DEWI DASOPANG
31 SHEMA LESTARI
32 SRI CAHYA NINGSIH
33 SRI FATIMAH HASIBUAN
34 SUCI RAHAYU HARAHAP
35 VINA LISTARI
36 YULIKA EFRIZADANI HARAHAP
37 YUNI SARTIKA NASUTION

Kelas XII IPS 2
1 AHLAN SYAROBI HARAHAP
2 AMAN ASWADI RAMBE
3 ARMITA YUSDI
4 DEDIANI
5 DEWI UTAMI
6 EFRINA SYAFITRI HARAHAP
7 ELIDA AFRIANI HARAHAP
8 ELVI HARTATI
9 ERNA SIHOMBING
10 FUTRI KASUMA
11 HERI RIDOANSYAH SIAGIAN
12 IDRUS ALANTA SIREGAR
13 JUNI SRI WATI NASUTION
14 KESSIH
15 MEGA SRIWATI
16 MUHAMMAD HUSNI THAMRIN NST
17 MUHAMMAD SUKRI DALIMUNTHE
18 NOVITA DWI WAHYUNI HARAHAP
19 NURHAIDAH SIREGAR
20 NURHASANAH
21 NURZANAH
22 RAHMADANI HARAHAP
23 RANI ARDILA DAMANIK
24 RENDI PRASETIA
25 RITA PITRI ANA SIREGAR
26 SAFARUDDIN
27 SULAIMAN SIMAMORA
28 SUPRIANI NASUTION
29 SUSI RUSMAWATI
30 TORKIS DOYA DOYA
31 TRISNA MUDA SEJATI

RPP SEJARAH SMA

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 1 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah. Indikator : 1. Menjelaskan pengertian sejarah. 2. Menjelaskan kegunaan sejarah. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Siswa mampu mendeskripsikan pengertian sejarah.  Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri utama sejarah.  Siswa mampu mendeskripsikan kegunaan sejarah. II. Materi Ajar :  Pengertian sejarah.  Kegunaan sejarah. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru memperkenalkan mata pelajaran sejarah kepada siswa dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. B. Motivasi :  memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah. - Mendeskripsikan pengertian sejarah. - Mendeskripsikan ciri-ciri utama sejarah. - Mendeskripsikan kegunaan sejarah.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan pengertian sejarah.  Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri utama sejarah.  Siswa mampu mendeskripsikan kegunaan sejarah.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.  C. Pembentukkan sikap dan perilaku :  Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.  Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi :  Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran  Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian :  Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis  Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. C. Penugasan : Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat : -  Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah pengertian sejarah ?.  Jelaskanlah ciri-ciri utama sejarah ?.  Jelaskanlah kegunaan sejarah bagi bangsa Indonesia ?. Mengetahui, langgapayung, Maret 2010 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran, Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 2 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah. Indikator : 1. Menjelaskan pengertian sumber, bukti dan fakta sejarah. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Siswa mampu mendeskripsikan sumber-sumber yang mendukung sejarah.  Siswa mampu menganalisis bukti-bukti terjadinya suatu peristiwa sejarah.  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis fakta-fakta sejarah. II. Materi Ajar :  Pengertian, sumber dan fakta sejarah. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru memperkenalkan mata pelajaran sejarah kepada siswa dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. B. Motivasi : Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi : • Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah. o Mendeskripsikan sumber-sumber yang mendukung sejarah. o Menganalisis bukti-bukti terjadinya suatu peristiwa sejarah. o Mendeskripsikan dan menganalisis fakta-fakta sejarah. • Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative. • Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. • Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsoldasi Pembelajaran : • Mendeskripsikan sumber-sumber yang mendukung sejarah. • Menganalisis bukti-bukti terjadinya suatu peristiwa sejarah. • Mendeskripsikan dan menganalisis fakta-fakta sejarah. • Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. • Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : • Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. • Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : a) Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran b) Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : a) Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. C. Penugasan : Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat : -  Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah pengertian sejarah ?.  Jelaskanlah ciri-ciri utama sejarah ?.  Jelaskanlah kegunaan sejarah bagi bangsa Indonesia ?. Mengetahui, langgapayung, Maret 2010 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran, Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 3 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah. Indikator : 1. Menjelaskan peristiwa, peninggalan sejarah dan monumen peringatan peristiwa bersejarah yang ada disekitarnya. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mendeskripsikan peristiwa bersejarah yang telah terjadi.  Menganalisis peninggalan-peninggalan bersejarah.  Mendeskripsikan monument bersejarah yang ada disekitarnya II. Materi Ajar :  Peristiwa, peninggalan sejarah, monunmen peringatan peristiwa bersejarah. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang dasar-dasar penelitian sejarah. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah. o Mendeskripsikan peristiwa bersejarah yang telah terjadi. o Menganalisis peninggalan-peninggalan bersejarah. o Mendeskripsikan monumen bersejarah yang ada disekitarnya  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Mendeskripsikan peristiwa bersejarah yang telah terjadi.  Menganalisis peninggalan-peninggalan bersejarah.  Mendeskripsikan monument bersejarah yang ada disekitarnya  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat : -  Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Sebutkanlah beberapa peristiwa sejarah yang telah terjadi ?.  Sebutkanlah beberapa peninggalan bersejarah di daerah sekitarmu ?  Jelaskanlah sebab-sebab didirikannya monument bersejarah yang ada disekitarmu? Mengetahui, langgapayung, Maret 2010 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran, Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 4 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah. Indikator : 1. Menyusun periodisasi, kronologi, kronik dan historiografi dalam sejarah. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mendeskripsikan periodisasi dalam sejarah.  Mendeskripsikan kronologi dalam sejarah.  Mendeskripsikan kronik dalam sejarah.  Mendeskripsikan historiografi dalam sejarah. II. Materi Ajar :  Periodisasi, kronologi, kronik dan historiografi dalam sejarah Indonesia.  III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang dasar-dasar penelitian sejarah. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi : a) Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang :  Mendeskripsikan periodisasi dalam sejarah.  Mendeskripsikan kronologi dalam sejarah.  Mendeskripsikan kronik dalam sejarah.  Mendeskripsikan historiografi dalam sejarah. b) Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative. c) Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. d) Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan periodisasi dalam sejarah.  Siswa mampu mendeskripsikan kronologi dalam sejarah.  Siswa mampu mendeskripsikan kronik dalam sejarah.  Siswa mampu mendeskripsikan historiografi dalam sejarah.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat : -  Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Apakah tujuan dilaksanakan periodisasi dalam sejarah ?  Apakah manfaat pembuatan kronologi dalam sejarah ?  Apakah yang dimaksud dengan kronik dalam sejarah ?  Apakah yang dimaksud dengan historiografi dalam sejarah ? Mengetahui, langgapayung, Maret 2010 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran, Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 5 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara. Indikator : 1. Mengidentifikasi cara masyarakat mewariskan masa lalu. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mengidentifikasi cara masyarakat mewariskan masa lalu. II. Materi Ajar :  Tradisi sejarah pada masyarakat pra-aksara. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan kepada siswa tentang materi pelajaran minggu lalu. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang jejak-jejak masa lampau dan lebih aktif lagi untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang cara masyarakat mewariskan masa lalu.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mengidentifikasi cara masyarakat mewariskan masa lalu.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : a). Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. b). Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : a). Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran b). Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : a). Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis b). Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. C. Penugasan : a). Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat : -  Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah cara-cara keluarga di dalam mewariskan masa lalu ?  Jelaskan cara-cara masyarakat di dalam mewariskan masa lalu ?  Mengapakah ceritera-ceritera rakyat merupakan salah satu cara untuk mewariskan masa lalu ?  Mengetahui, langgapayung, Maret 2010  Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,     Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 6 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara. Indikator : 1. Mengidentifikasi tradisi sejarah pada masa pra aksara. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mengidentifikasi dan mendeskripsikan tradisi sejarah pada masa pra aksara. II. Materi Ajar :  Jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah di Indonesia. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi : a). Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang tradisi sejarah pada masyarakat pra aksara. b). Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative. c). Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. d). Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran : - Siswa mampu mendeskripsikan tradisi sejarah masyarakat Indonesia pada masa pra aksara. - Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat- pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. - Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat : -  Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah tradisi sejarah pada masyarakat pra aksara dengan tari-tarian daerah ?  Jelaskanlah tradisi sejarah pada masyarakat pra aksara dengan upacara daerah ?  Jelaskanlah tradisi sejarah pada masyarakat pra aksara dengan lagu-lagu daerah ?  Jelaskanlah tradisi sejarah pada masyarakat pra aksara dengan alat-alat ? Mengetahui, langgapayung, Maret 2010 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran, Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 7 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara. Indikator : 1. Mendeskripsikan definisi folklore. 2. Mendeskripsikan definisi mitologi. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mendeskripsikan jejak sejarah lisan melalui folklore.  Mendeskripsikan jejak sejarah lisan melalui mitologi.  Mendeskripsikan jejak sejarah lisan melalui dongeng.  Mendeskripsikan jejak sejarah lisan melalui legenda. II. Materi Ajar :  Jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah di Indonesia. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi : a). Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang jejak-jejak sejarah melalui folklore, mitologi, dongeng, legenda. b). Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative. c). Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. d). Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran : - Siswa mampu mengidentifikasi jejak-jejak sejarah melalui folklore, mitologi, dongeng, legenda. - Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat- pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. - Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat : -  Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Apakah yang dimaksud dengan folklore ?  Apakah yang kalian ketahui tentang mitologi ?  Mengapakah dongeng dapat dijadikan sebagai bahan kajian sejarah ?  Sebutkan beberapa legenda yang kalian ketahui ? Mengetahui, langgapayung, Maret 2010 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran, Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 8 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara. Indikator : 1. Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah Indonesia dalam bentuk mitos. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah Indonesia dalam bentuk folklore.  Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah Indonesia dalam bentuk mitologi.  Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah Indonesia dalam bentuk dongeng.  Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah Indonesia dalam bentuk legenda. II. Materi Ajar :  Jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah di Indonesia. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi : a). Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang jejak-jejak sejarah melalui folklore, mitologi, dongeng, legenda. b). Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative. c). Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. d). Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran : - Siswa mampu mengklasifikasi jejak sejarah melalui folklore, mitologi, dongeng, legenda. - Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat- pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. - Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis (pilihan ganda dengan jumlah soal mencapai 15-20 soal). - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat : -  Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Sebutkanlah jenis-jenis folklore ?  Sebutkanlah beberapa judul mitologi yang kalian ketahui dari wilayah Indonesia ?  Apakah perbedaan antara dongeng dengan mitologi ?  Apakah yang kalian ketahui tentang legenda ? Mengetahui, langgapayung, Maret 2010 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran, Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 9 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah. Indikator : 1. Mendeskripsikan nilai, norma dan tradisi yang diwariskan dalam mitologi Indonesia. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mendeskripsikan nilai yang diwariskan dalam mitologi Indonesia.  Mendeskripsikan norma yang diwariskan dalam mitologi Indonesia.  Mendeskripsikan tradisi yang diwariskan dalam mitologi Indonesia. II. Materi Ajar :  Nilai, norma dan tradisi yang diwariskan di dalam sejarah lisan Indonesia. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingat kepada siswa tentang pelajaran minggu lalu dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. B. Motivasi : Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang sudah mengenal tulisan.dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang nilai, norma dan tradisi yang diwariskan di dalam sejarah lisan Indonesia.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan nilai, norma dan tradisi yang diwariskan dalam sejarah lisan Indonesia.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : a). Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. b). Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : a). Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran b). Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : a). Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. b). Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya. C. Penugasan : a). Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat : -  Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah dan berilah contoh-contoh nilai yang diwariskan di dalam sejarah lisan Indonesia ?  Jelaskan dan berilah contoh-contoh norma yang diwariskan di dalam sejarah lisan Indonesia ?  Jelaskan dan berilah contoh-contoh tradisi yang diwariskan di dalam sejarah lisan Indonesia ? Mengetahui, langgapayung, Maret 2010 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran, Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 10 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra aksara dan masa aksara. Indikator : 1. Mengidentifikasi cara masyarakat pada masa aksara mewariskan masa lalu melalui tutur. 2. Mengidentifikasi cara masyarakat pada masa aksara mewariskann masa lalu melalui tulisan. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mengidentifikasi cara masyarakat pada masa aksara mewariskan masa lalu melalui tutur.  Mengidentifikasi cara masyarakat pada masa aksara mewariskan masa lalu melalui tulisan. II. Materi Ajar :  Tradisi sejarah masyarakat pada masa aksara. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingat kepada siswa tentang pelajaran minggu lalu dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. B. Motivasi : a). memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang sudah mengenal tulisan.dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajara tentang tradisi sejarah masyarakat pada masa aksara.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat pada masa aksara.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : a). Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. b). Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : a). Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran b). Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : a). Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. b). Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. C. Penugasan : a). Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat : -  Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Bagaimanakah cara masyarakat mewariskan masa lalu melalui tutur ?  Bagaimanakah cara masyarakat mewariskan masa lalu melalui tulisan ? Mengetahui, langgapayung, Maret 2010 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran, Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 11 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah. Indikator : 1. Menjelaskan tentang prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan tahap-tahap penelitian sejarah.  Mendeskripsikan heuristic dalam sejarah.  Mendeskripsikan verifikasi dalam sejarah.  Mendeskripsikan interpretasi dalam sejarah  Mendeskripsikan sumber-sumber sejarah. II. Materi Ajar :  Prinsip sebab-akibat dalam kajian sejarah III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi :  Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi :  Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu menganalisis tentang prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku :  Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.  Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis (pilihan ganda dengan jumlah soal mencapai 15-20 soal). - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat : -  Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah tahap-tahap penelitian sejarah ?  Apakah yang dimaksud dengan heuristik dalam sejarah ?.  Apakah yang dimaksud dengan verifikasi dalam sejarah ?.  Apakah yang dimaksud dengan interpretasi dalam sejarah ?.  Sebutkanlah sumber-sumber sejarah yang menjadi bukti suatu peristiwa bersejarah ?.  Mengetahui, langgapayung, Maret 2010  Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,     Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 12 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah. Indikator : 1. Menerapkan prinsip sebab-akibat dalam penelitian sejarah lisan. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Menerapkan prinsip sebab-akibat dalam penelitian sejarah lisan. II. Materi Ajar :  Prinsip sebab-akibat dalam kajian sejarah. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang prinsip sebab-akibat dalam penelitian sejarah lisan.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu menerapkan prinsi-prinsip sebab akibat dalam penelitian sejarah lisan.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat : -  Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud. VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah prinsip sebab akibat dalam penelitian sejarah ?  Jelaskan sebab-sebab dilakukan penelitian sejarah ?  Apakah akibat dari dari penelitian sejarah ? Mengetahui, langgapayung, Maret 2010 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran, Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran : Sejarah Kelas /Semester : X / 1 Pertemuan ke : 13 Alokasi Waktu : 1 X 45 Menit Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah. Kompetensi Dasar : Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah. Indikator : 1. Menerapkan prinsip kronologis dalam penelitian sejarah I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Menerapkan prinsip kronologi dalam penelitian sejarah  Menjelaskan prinsip kronologi sangat diperlukan dalam penelitian sejarah. II. Materi Ajar :  Prinsip kronologis dalam kajian sejarah. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu, serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang prinsip kronologi dalam penelitian sejarah.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu menerapkan prinsip kronologis dalam penelitian sejarah.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : - Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. - Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi : - Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran - Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian : - Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis - Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. C. Penugasan : - Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. Mengetahui, langgapayung, Maret 2010 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran, Drs. Julimer Panjaitan Sondang Sitompul

Daftar nilai SMA N i Sei kanan

ANALISIS HASIL  ULANGAN HARIAN  I
TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
SMA NEGERI 1 SEI KANAN
















MATA PELAJARAN
: Sejarah Nasional Umum





KELAS
: X - 2









JUMLAH SOAL
: 3










STANDAR KOMPETENSI
:











KOMPETENSI DASAR
:



























NO                                     Nomor Soal Skor Yang Diperoleh Jumlah % Keter Ketuntasan 
Nama Siswa 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Skor capaian Belajar
                          Ya Tidak
1 ABDUL HARIS 20 30 19               69 69%    
2 ADANAN SIREGAR                     0 0%    
3 ADE SASMITA PULUNGAN 20 35 25               80 80%    
4 ASMAN YUSUF 20 30 20               70 70%    
5 BAHRI SIREGAR 20 29 20               69 69%    
6 BASARUDDIN NASUTION                     0 0%    
7 DIAN NOVITA 20 30 19               69 69%    
8 EDI SYAHPUTRA 20 30 19               69 69%    
9 FATIMAH HANUM RAMBE 30 20 25               75 75%    
10 HARTIKA DEWI 30 35 10               75 75%    
11 IKA ANDRIYANI SIAGIAN 20 30 19               69 69%    
12 IRMA YULIANTI 20 30 19               69 69%    
13 ISTINAWATI 20 30 25               75 75%    
14 KARTIKA DEWI 25 30 20               75 75%    
15 LANGGENG TIA HAYU 20 30 25               75 75%    
16 MAHYUDIN HARAHAP 20 30 19               69 69%    
17 MARIA ULFA 20 29 20               69 69%    
18 MAWAR HARAHAP 20 30 19               69 69%    
19 MIKRAT HASIBUAN                     0 0%    
20 MUHAMMAD NARUDIN 20 30 20               70 70%    
21 MUHAMMAD ZAINI HABIBI HRP 20 30 19               69 69%    
22 MUSLIYANI 20 30 19               69 69%    
23 NINA WARHAMNI 20 30 19               69 69%    
24 NUR SAIDAH 20 30 19               69 69%    
25 NURAFNI SARI SIREGAR 20 30 19               69 69%    
26 RIANTO PRATAMA 20 30 19               69 69%    
27 RISMAWATI 20 30 19               69 69%    
28 ROSIDA NASUTION 20 30 19               69 69%    
29 ROSMALA DEWI SIMBOLON 20 30 19               69 69%    
30 RUSLIANA 20 29 20               69 69%    
31 SAHROLI RAMBE 20 30 19               69 69%    
32 SAIMA SIMAMORA 20 29 20               69 69%    
33 SITI AMINA 20 30 19               69 69%    
34 SUDARNI 20 30 19               69 69%    
35 SURIANI NASUTION 20 30 19               69 69%    
36 SUSANTI  20 30 19               69 69%    
37 YULIA NOVITA HARAHAP 20 30 19               69 69%    
38 ZAISAH MUSDIANITA SIREGAR 20 30 19               69 69%    
                               
  Jumlah Skor                            
  Skor Maksimum                            
  Skor Tercapai                            
































Mengetahui :







Langgapayung,     Maret 2011
Kepala SMA Negeri 1 Sei Kanan







Guru Mata Pelajaran

















































Drs. JULIMER PANJAITAN, M.Pd







SONDANG SITOMPUL, S.Pd
NIP. 19630701 198501 1 001







NIP. 198404222010011017
















































ANALISIS HASIL  ULANGAN HARIAN  II
TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
SMA NEGERI 1 SEI KANAN
















MATA PELAJARAN
:











KELAS
: X - 2









JUMLAH SOAL
: 5










STANDAR KOMPETENSI
:











KOMPETENSI DASAR
:



























NO                                     Nomor Soal Skor Yang Diperoleh Jumlah % Keter Ketuntasan 
Nama Siswa 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Skor capaian Belajar
                          Ya Tidak
1 ABDUL HARIS                     0 0%    
2 ADANAN SIREGAR                     0 0%    
3 ADE SASMITA PULUNGAN                     0 0%    
4 ASMAN YUSUF                     0 0%    
5 BAHRI SIREGAR                     0 0%    
6 BASARUDDIN NASUTION                     0 0%    
7 DIAN NOVITA                     0 0%    
8 EDI SYAHPUTRA                     0 0%    
9 FATIMAH HANUM RAMBE                     0 0%    
10 HARTIKA DEWI                     0 0%    
11 IKA ANDRIYANI SIAGIAN                     0 0%    
12 IRMA YULIANTI                     0 0%    
13 ISTINAWATI                     0 0%    
14 KARTIKA DEWI                     0 0%    
15 LANGGENG TIA HAYU                     0 0%    
16 MAHYUDIN HARAHAP                     0 0%    
17 MARIA ULFA                     0 0%    
18 MAWAR HARAHAP                     0 0%    
19 MIKRAT HASIBUAN                     0 0%    
20 MUHAMMAD NARUDIN                     0 0%    
21 MUHAMMAD ZAINI HABIBI HRP                     0 0%    
22 MUSLIYANI                     0 0%    
23 NINA WARHAMNI                     0 0%    
24 NUR SAIDAH                     0 0%    
25 NURAFNI SARI SIREGAR                     0 0%    
26 RIANTO PRATAMA                     0 0%    
27 RISMAWATI                     0 0%    
28 ROSIDA NASUTION                     0 0%    
29 ROSMALA DEWI SIMBOLON                     0 0%    
30 RUSLIANA                     0 0%    
31 SAHROLI RAMBE                     0 0%    
32 SAIMA SIMAMORA                     0 0%    
33 SITI AMINA                     0 0%    
34 SUDARNI                     0 0%    
35 SURIANI NASUTION                     0 0%    
36 SUSANTI                      0 0%    
37 YULIA NOVITA HARAHAP                     0 0%    
38 ZAISAH MUSDIANITA SIREGAR                     0 0%    
                               
  Jumlah Skor                            
  Skor Maksimum                            
  Skor Tercapai                            
































Mengetahui :







Langgapayung,     Maret 2011
Kepala SMA Negeri 1 Sei Kanan







Guru Mata Pelajaran

















































Drs. JULIMER PANJAITAN, M.Pd







SONDANG SITOMPUL, S.Pd
NIP. 19630701 198501 1 001







NIP. 198404222010011017
































































ANALISIS HASIL  ULANGAN HARIAN  III
TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011
SMA NEGERI 1 SEI KANAN
MATA PELAJARAN
: Sejarah Nasional Umum





KELAS
: X - 2









JUMLAH SOAL
: 5










STANDAR KOMPETENSI
:











KOMPETENSI DASAR
:



























NO                                     Nomor Soal Skor Yang Diperoleh Jumlah % Keter Ketuntasan 
Nama Siswa 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Skor capaian Belajar
                          Ya Tidak
1 ABDUL HARIS                     0 0%    
2 ADANAN SIREGAR                     0 0%    
3 ADE SASMITA PULUNGAN                     0 0%    
4 ASMAN YUSUF                     0 0%    
5 BAHRI SIREGAR                     0 0%    
6 BASARUDDIN NASUTION                     0 0%    
7 DIAN NOVITA                     0 0%    
8 EDI SYAHPUTRA                     0 0%    
9 FATIMAH HANUM RAMBE                     0 0%    
10 HARTIKA DEWI                     0 0%    
11 IKA ANDRIYANI SIAGIAN                     0 0%    
12 IRMA YULIANTI                     0 0%    
13 ISTINAWATI                     0 0%    
14 KARTIKA DEWI                     0 0%    
15 LANGGENG TIA HAYU                     0 0%    
16 MAHYUDIN HARAHAP                     0 0%    
17 MARIA ULFA                     0 0%    
18 MAWAR HARAHAP                     0 0%    
19 MIKRAT HASIBUAN                     0 0%    
20 MUHAMMAD NARUDIN                     0 0%    
21 MUHAMMAD ZAINI HABIBI HRP                     0 0%    
22 MUSLIYANI                     0 0%    
23 NINA WARHAMNI                     0 0%    
24 NUR SAIDAH                     0 0%    
25 NURAFNI SARI SIREGAR                     0 0%    
26 RIANTO PRATAMA                     0 0%    
27 RISMAWATI                     0 0%    
28 ROSIDA NASUTION                     0 0%    
29 ROSMALA DEWI SIMBOLON                     0 0%    
30 RUSLIANA                     0 0%    
31 SAHROLI RAMBE                     0 0%    
32 SAIMA SIMAMORA                     0 0%    
33 SITI AMINA                     0 0%    
34 SUDARNI                     0 0%    
35 SURIANI NASUTION                     0 0%    
36 SUSANTI                      0 0%    
37 YULIA NOVITA HARAHAP                     0 0%    
38 ZAISAH MUSDIANITA SIREGAR                     0 0%    
                               
  Jumlah Skor                            
  Skor Maksimum                            
  Skor Tercapai                            
































Mengetahui :







Langgapayung,     Maret 2011
Kepala SMA Negeri 1 Sei Kanan







Guru Mata Pelajaran

















































Drs. JULIMER PANJAITAN, M.Pd







SONDANG SITOMPUL, S.Pd
NIP. 19630701 198501 1 001







NIP. 198404222010011017
































































































































Arti Kehdupan